5


SELAMAT DATANG DI BLOGNYA SYAHRIL_MILAN SEMOGA ANDA PUAS KARENA KEPUASAN ANDA ADALAH TUJUAN KAMI DAN JANGAN LUPA UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI DI BLOG INI

Jumat, 02 April 2010

Konsumsi Daging Merah dan Daging Olahan Meningkatkan Kematian

Hasil suatu penelitian yang dimuat dalam Archieves of Internal Medicine menemukan bahwa konsumsi daging merah dan daging olahan dapat menyebabkan peningkatan mortalitas secaara keseluruhan, mortalitas terkait kanker, dan mortalitas terkait penyakit kardiovaskular. Berikut rangkuman penelitian tersebut :

Penelitian yang melibatkan sekitar 500.000 peserta ini, The National Institute of Health-AARP Diet and Healthy Study, bertujuan untuk menilai pengaruh konsumsi daging merah, daging putih, dan daging olahan terhadap angka mortalitas. Daging merah yang dimaksud meliputi : daging sapi dan babi (termasuk hamburger, hot dog, steak, pizza, dsb). Daging putih yang dimaksud meliputi : daging ayam, kalkun, dan ikan. Sedangkan daging olahan yang dimaksud meliputi : daging merah dan daging putih dalam bentuk sandwich dan daging beku.
Baca selanjutnya...

Hasilnya, selama waktu penelitian 10 tahun ditemukan oleh peneliti sebagai berikut :
Angka mortalitas keseluruhan, mortalitas terkait kanker, dan mortalitas terkait penyakit kardiovaskular mengalami peningkatan bermakna pada responden yang banyak mengkonsumsi daging merah dan daging olahan dibandingkan yang sedikit mengkonsumsi daging tersebut.

Sebaliknya, tinggnya konsumsi daging putih berhubungan dengan sedikit penurunan mortalitas keseluruhan (HR : 0,92; 95% CI, 0,89 – 0,94; p<0,001) dan mortalitas terkait kanker (HR : 0,84; 95% CI, 0,80 – 0,88; p<0,001). Asupan daging merah dan daging olahan berhubungan dengan sedikit peningkatan risiko mortalitas total, terkait kanker, dan terkait penyakit kardiovaskular pada pria dan wanita. Sebaliknya, asupan daging putih yang tinggi berhubungan dengan sedikit penurunan risiko mortalitas total dan terkait kanker. Hasil penelitian ini sejalan dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh the American Institute for Cancer Research dan the World Cancer Research Fund untuk membatasi konsumsi daging merah dan daging olahan untuk menurunkan insiden timbulnya penyakit kanker.

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsors

Login |
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch