5


SELAMAT DATANG DI BLOGNYA SYAHRIL_MILAN SEMOGA ANDA PUAS KARENA KEPUASAN ANDA ADALAH TUJUAN KAMI DAN JANGAN LUPA UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI DI BLOG INI

Jumat, 02 April 2010

AWAS DISENGAT LEBAH !!!

Lebah, salah satu hewan sosial yang bekerja keras, lebah madu memiliki kolompok yang didalamnya memiliki fungsi dan tugas masing-masing. Dalam kehidupannya, lebah di ”persenjatai” dengan sengat. Bagaimana lebah menggunakan sengatnya itu? Benarkah lebah akan mati setelah ”menyengat”? Benarkah manusia dapat ”memanfaatkan” sengat itu? Bukankah justru itu berbahaya dan mamatikan?

Perlu diingat, sengat itu hanya ada pada lebah pekerja (betina), kamu tau khan bahwa dalam kelompok lebah itu ada tiga golongan : lebah Ratu, lebah jantan, dan lebah pekerja (betina). Nah, sengat pada tubuh lebah pekerja ini hanya bisa digunakan satu kali, artinya saat lebah menyengat, itulah akhir hidup nya. Lebah pekerja akan mati setelah menyengat.

Sengat lebah terhubung dengan kelenjar di bagian perut lebah, dan saat menyengat sengat dan kantung racunnya itu tertinggal, sehingga akan terus memompa racuk ke ”korban”nya (inilah yang menyebabkan lebah mati setelah menyengat)

Jika kebetulan kamu tersengat lebah, jangan panik, kamu bisa segera usap sengatan di kulit kamu dengan daun babadotan, atau jawer kotok yang diremas-remas terlebih dahulu hingga keluar airnya.

Selain berbahaya, sengat lebah juga ternyata bermanfaat bagi manusia. Penyakit darah tinggi, rheumatik, dan ashma, bisa disembuhkan oleh sengatan lebah yang dilakukan pada titik-titk tertentu, yang tentu saja harus dilakukan oleh orang yang tahu dan ahli.

Nah berikut tindakan yang perlu kamu lakukan jika ingin menghindari sengatan lebah :

1. Jika kamu kebetulah berada di alam terbuka yang banyak lebahnya, kenakan pakaian yang menutupi anggota tubuh kamu, misal lengan panjang, celana panjang.
2. Tidak menggunakan wewangian,parfum, yang berbau menyengat, karena ini menarik perhatian lebah.
3. Pakaian bercorak terang dan bunga-bunga akan juga menarik perhatian lebah
4. jangan membuang sisa makanan (terutama yang manis) semarangan, kumpulkan jadi satu dan buang dalam wadah tertutup.
5. Jika kebatulan kamu didatangi lebah, jangan melakukan gerakan yang ”mengancam” lebah tersebut, yang justru membuat lebah menjadi lebih agresif, menghindarlah dengan tenang.

Begitulah, kamu semakin paham dan tahu sedikit tentang lebah khan? Ayo diskusikan dengan teman dan dosen kamu.

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsors

Login |
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch